Bisnis Online (Toko Online vs Toko Offline)

on 20 January 2012

Ngomongin BISNIS kayanya ga ada habisnya ya, ibarat pepatah mengatakan “Mati Satu Tumbuh Sejuta”, (lohhhConfused smile , seribu maksudnyaLaughing out loud). Jaman sekarang dah modern lowh, mau bisnis itu ga harus punya lahan tanah yang kaya biasanya kalian lihat. Sekarang ada yang namanya BISNIS ONLINE, salah satu yang paling saya gemari dari BISNIS ONLINE adalah memiliki toko online (bukan toko offline).
Apa bedanya toko offline dengan toko online ?
Ya tentu beda, toko offline itu wujudnya nyata, maksudnya kita bisa liat itu toko ada bangunannya atau bentuk fisik dari tokonya.
Judul
Contoh toko offline
toko konvensional mmm
images images (1)
Sumber foto : google
Nah itu toko offline, “Terus toko online kaya gimana sih ?? Disappointed smile
Judul
Toko online
ss-dinomarket tokobagus
bhineka3 tokopedia2
Sumber foto : google

Jelas berbeda bukan,meski toko online berada didunia maya, namun jangan di anggap remeh. Kesuksesan toko online tak kalah jauh dengan toko offline, mengapa bisa begitu ?? tentu bisa, karena di tahun 2010 penduduk indonesia yang menggunakan internet sebanyak 30 sampai 31 juta penduduk (sumber:vivanews). Itu tahun 2010, bagaimana dengan sekarang yang memasuki tahun 2012, dimana anak kecil saja udah bisa menggunakan internet, bahkan para orangtua pun tak mau kalah dengan anaknya, sehingga sudah pasti setiap saat pengguna internet pasti meningkat.

Contohnya bisa kita lihat bhineka.com, toko online terbesar di Indonesia, keuntungannya bisa melebihi toko offline, dalam setahun mampu mendatangkan omset sebesar 60 milyar (sumber : baca). Hanya bermodalkan 100 juta saja untuk modal awal. Ga percaya ? silahkan survey sendiri buktikan toko-toko yang ga punya toko online dibanding kan dengan toko online, lebih banyak mana penghasilan mereka.

lagi pula disamping itu banyaaaaak sekali perbandingan dari kedua contoh bisnis ini. Sekarang kita sedikit berimajinasi aja yah.

 

1.Toko offline, pasti nyari-nyari dulu lahan tanahnya nya,

nah udah kecari tuh, tapi ga ramai sama penduduk, sama aja bohong. Ketemu yang ramai, dimana-mana kalo ada lahan yang ramai sama penduduk mau yang berlalu lalang atau warga, pasti biaya harga tanah mahal kalo mau beli,

 

 

 

Mau nyewa ruko pertahun ??

tetep aja mahal, setau ane ruko-ruko gitu pertahun bisa 60 jt, itu yang masih bukan di ibu kota dan mungkin rukonya kecil. gmna kalo rukonya gede ?? kalo rukonya posisi berada di tanah ibu kota yang deket2 mall (ex:jakarta,bandung dll),ditambah lagi kalo nyewa itu tandanya ruko bukan hak milik kita, cuma minjem doang, kalo ga ada modal buat bayar itu ruko, kita di usir.

 

 

 

Eitsssss ga cuma disitu guys, ga cuma masalah tanah, masih ada lagi permaslaahannya. Nih sekarang biaya listrik perbulan, hayooo keluar duit lagi, biaya air PAM, nah lowh nambahh. Yang lebih parah, gimaana kalo tokonya itu kena bencana , kebakaraaannnnn, gempaaaa, apa lagi yaa, di telan si jago meraaahhhh (*lahhh, apa bedanya sama kebakaran) , yakk pokonya itu lah contohnya,,

 

 

RUGI bukan ?? (Bangetttt), udah mah ruko ancur, bayaran udah bayar setahun, ngebangun pake duit lagi,,udah udah ga usah galau, tuk kita reviewBISNIS ONLINE versi toko onlinenya.

 

 

jeng jeng jeeengggg, generasi baru di era ini . TOKO ONLINE (blogger pada tepuk tangan (ceritanya)).

Untitled-1

1. Toko online, ga perlu cari tanah, karena emang ga ada hubungannya sama dunia nyataa, mending tanahnya dibikin lapangan buat anak-anak sebaya maen bola, asal jangan dibikin mall, udah rameee sama mall .^^

ga perlu bayar air PAM, ga perlu bayar listrikk (*eitss, yang ini perlu bung), oke berarti perlu bayar listrikk. Ga ada gempa-gempaan, ga ada kebakaraan di toko online,lah iya dong, apanya yang mau dibakar ? laptopnya ?hehehe. Kan toko online itu BISNIS ONLINE di dunia internet (dunia maya), jadi ga nyata bentuknya, tapi bisa di rasakan keuntungannya . Terus apa yang di butuhin? butuh koneksi internet,ga mahal perbulan  cuma 50ribu.

butuh domain (.com/.net/.org), muraaahh, cuma 100ribu pertahun(bukan 100jt pertahun kaya toko-toko offline di ibu kota), butuh hosting, hosting ini buat nyimpen database dari toko kita,kalo di ibaratkan toko offline, hosting ini yang lemari peyimpanan di toko offline.itu Dasar bahan-bahan bangunan yang di perlukan, sisanya tinggal ilmu yang kita pelajari, tenang bisa SEKOLAH BLOG. SEKOLAH BLOG ? ASTAMEDIA AJA (*gaya ala BSI). Ga usah takut ga rame, ga usah takut ga ada warga di dunia maya, ga usah takut ga ada penduduk,,udah saya jelasin kan di atas tadi, PENGGUNA INTERNET DI INDONESIA SUDAH MENCAPAI 31 JUTA (TAHUN 2010). Gimana tahun sekarang?banyak bukan? kalian pasti udah tau mana yang baik dan menjanjikan, sebenrnya toko offline dan toko online sama-sama baikk dan menjanjikan asalkan kita pintar dalam hal pemasaran, tapi ada solusi yang lebih menjamin dan biaya yang tidak SEMAHAL toko offline, beri tepuk tangan kepada TOKO ONLINE .^^

TOKO OFFLINE

 

Untitled-1ddd dd
Kemungkinan terjadi pada toko offline namun tidak pada toko online

 

Sedikit cerita berhubung saya mahasiswa, BISNIS di kalangan mahasiswa kini sudah tidak asing lagi, terutama saya sendiri yang sudah mulai dikit-demi sedikit membangun toko online (webnya masih dalam tahap pebentukan). Saya punya sedikit saran untuk para mahasiswa yang mungkin ingin membuka toko online.

1. Harus punya kemampuan di bidang internet (ngeblog, internet marketing, dll), hal semacam ini bisa kalian pelajari di SEKOLAH BLOG. Tentu untuk mendapatkan hal yang lebih,kita harus mau bersusah payah dulu.

2. Perhatikan kesempatan-kesempatan yang ada di sekitar kampus. Contoh dari saya pribadi, saya bekerja sama dengan teman saya membuka toko onlie penjualan jaket-jaket di kalangan perguruan tinggi. Semua orang tau, bola itu banyak penggemarnya.

3. Cari link, kalo mau buka toko jaket online, kalian harus cari link dulu atau pusat dari si pembuat jaket. Tentu utamakan kualitas, karena jika kualiatas ok, maka para pembeli tidak akan ragu-ragu lagi memesan jaket di Toko anda.

4. Bentuk tim, ya karena kalo kerja sendiri bisa keteter, karena kalian akan menjual jaket online di kalangan perguruan tinggi, seandainya 1 perguruan tinggi ada yang pesan 50 jaket, kalo 3 perguruan tinggi gmna ??hehehe.

5. Yang terakhir bangun kepercayaa kepada pelanggan, itu sangat penting karena kepercayaan itu mahal harganya.

Untitled

Sekian tips persiapan membangun toko online dari saya, saya juga masih belajar, yang pasti kita di sini sama-sama belajar.^^

Perdalam kemampuan ngeblog anda, bisa melalui SEKOLAH BLOG atau buku-buku panduan, tapi menurut saya,kalo lewat buku ada kekurangannya, karena tidak ada tutor juga. Jadi apa salahnya kalo gabung di SEKOLAH BLOG.
Nah salah satu SEKOLAH BLOG yang baru saja saya tau adalah dari SEKOLAH BLOG ASTAMEDIA . Disini ada 3 program, Blogging basic, Blogging Pro, Blogging Profesional. Tentu harganya terjangkau lowhh.

Selain itu buat yang di luar Makasar, kalian bakal nemu program baru ASTAMEDIA yang namanya B3, bukannya BBB ya yang band itu , tapi Belajar Bisnis Blog . Sedikit review tentang SEKOLAH BLOG ini, B3 adalah SEKOLAH BLOG pertama di Asia yang berdiri sejak 2009,hebat bukan SEKOLAH BLOG ini.
Ada yang lebih menarik lagi menurut saya, keuntungan ikut progam SEKOLAH BLOG B3 ini, yaitu pengajar senior ASTAMEDIA bakalan datang ke kota anda, jadi buat yang lokasinya di di pulau jawa, masih bisa dengan mudah ikutan progam SEKOLAH BLOG B3 ini.
image
Ga cuma itu lowhh, ada keuntungan fasilitas lagi nihh. 2 buah domain (1 domain baru 1 domain PR3), masih ada lagi ,,, 1 tahun hosting GRATIS !, masih belum berhenti, ada lagi layanan verifikasi paypal, ditambah online support 24 jam / 7 hari, dan JAMINAN mendapatkan penghasilan dari blog anda selambat-lambatnya 3 bulan setelah pelatihan.^^
Tertarik bukan ? ayo buruan daftar SEKOLAH BLOG di ASTAMEDIA .^^

Happy blogging bagi semua,semoga artikel saya bermanfaat .^^


AstaMedia Group
Jl. Tamalanrea Raya Blok A22 Kompleks Bumi Tamalanrea Permai
Makassar, Sulawesi Selatan
Indonesia 90245
Telp. 0411-590830 and 0411-5766897
Email: info@astamediagroup.com
Facebook:
AstaMediaGroup

Ranking: 5

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Blogger yang baik, selalu meninggalkan komentar setelah membaca .
^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berlangganan via email :


.
 
© Agit Share | Blognya Si Agit | All Rights Reserved
D.I.Y Themes ByBelajar SEO