Persiapan Bisnis

on 23 July 2011

Bidang bisnis sudah anda pilih, kemudian lokasi juga sudah di dapat. Apa langkah anda selanjutnya ?? Ya, langkah selanjutnya tentu persiapan agar bisnis bisa berjalan. Masa persiapan ini berbeda-beda, ada yang cepat ada pula yang lama. Untuk bisnis seperti restoran, masa persiapan sekitar 1-2 bulan.


Aspek yang harus di persiapkan :
1. Persiapan fisik mencakup renovasi tempat, pengadaan dan perlengkapan, serta pengadaan atribut atau identitas merk seperti plang merk, barang-barang administrasi dan sebagainya.

2. Persiapan non-fisik mencakup perekrutan dan seleksi karyawan, pelatihan karyawan, dan pencarian suplier ( untuk bisnis yang menghasilkan produk). Untuk bisnis jasa, hal yang perlu di perhatikan adalah masalah kesiapan sumber tenaga manusia.
Jika seluruh persiapan sudah selesai, tanyakan pada diri anda sendiri untuk terakhir kalinnya, apakah anda benar-benar siap untuk membuka bisnis ?

Pembukaan bisnis umumnya ada 2, yaitu soft opening dan grand opening. Pada saat soft opening, bukalah bisnis anda, tapi jangan melakukan promosi apapun. Pada saat sodt opening di tujukan untuk karyawan agar mereka siap melayani konsumen. Pada saat ini, permasalahan operasional akan muncul, perbaiki secepatnya.

Pada saat ketika masalah-masalah internal, baik operasional atau lainnya, bisa teratasi dan bisnis berjalan lancar, maka siapkan pembukaan yang cukup besar, yaitu grand opening. Pada saat grand opening lakukan promosi dan undanglah kerabat anda untuk meramaikan suasana pada saat itu.

Selamat, anda sudah berhasil membuka bisnis, sekarang tinggal saatnya anda memikirkan strategi agar bisnis bertambah sukses dan bertahan lama.^^
semoga membantu, jangan lupa cantumkan sumber jika ingin mengcopas artikel ini.
Ranking: 5

{ 2 komentar... read them below or add one }

MikeJP said...

mantafffff mancappppp


July 23, 2011 at 11:46 AM
Unknown said...

@mikefullow

wkwkwk, maksaa men . -___-


July 23, 2011 at 12:02 PM

Post a Comment

Blogger yang baik, selalu meninggalkan komentar setelah membaca .
^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berlangganan via email :


.
 
© Agit Share | Blognya Si Agit | All Rights Reserved
D.I.Y Themes ByBelajar SEO