Kemajuan Teknologi Yang Membawa Perubahan

on 16 September 2012


"Teknologi, paling luas dapat didefinisikan sebagai entitas, benda maupun takbenda, yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai suatu nilai. Dalam penggunaan ini, teknologi merujuk pada alat dan mesin yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah di dunia nyata"  ( wikipedia )
dari kutipan di atas, sudah jelas bahwa kemunculan teknologi memberikan kemudahan dalam menyelesaikan permasalahan di dunia nyata. Permasalah seperti apa ? ada banyak hal , seperti membantu permasalahan komunikasi, pendidikan, bisnis , hubungan sosial, dan masih banyak lagi. Tentu dengan kemunculan teknologi ini sangatlah membantu menyelesaikan permasalah dalam berbagai aspek kehidupan.

Pemanfaatan Teknologi Di Bidang Komunikasi
Mungkin orang tua kalian pernah mengatakan " kalo sekarang enak sudah ada handphone, mau nanya kabar ke keluarga yang jauh tinggal sms atau telpon aja". Kenapa mereka berkata seperti itu ? karena mereka menyadari adanya kemunculan teknologi yang mereka alami, tidak halnya kita yang sudah lahir di era teknologi. Orang tua dulu untuk memberi berkomunikasi jarak jauh biasa menggunakan surat yang di kirim melalu kantor pos, tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Teknologi handphone, kini sudah mampu melakukan banyak hal, merekam, foto, radio, alat pemutar musik dll. Karena hal seperti itu kini teknologi digital sudah menjadi kebutuhan hidup. Dengan kemunculan teknologi di indonesia seperti tentu permasalahan seperti ini bisa terselesaikan.

Pemanfaatan Teknologi Di Bidang Pendidikan
"Survey di inggris dengan kualitas guru yang baik,dan system pembelajaran yang interaktif dapat meningkatkan kualitas pemehaman belajar 40 %  sampai 60% dari pada belajar di kelas dengan kualitas guru yang sama akan tetapi tanpa media apapun" ( sumber )

Memanfaatkan teknologi di indonesia di dunia pendidikan tentu akan membawa system pembelajaran yang interaktif. Dulu system pembelajarannya hanya dengan menulis dan berbicara, berbeda dengan sekarang yang pembelajarannya bisa melalui multimedia yang mampu menampilkan gambar, suara, video bahkan metode 3D. Kemunculan multimedia seperti ini sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan system pembelajaran di Indonesia. Lagi, kemunculan teknologi mampu menyelesaikan permasalahan di dunia nyata.

Pemanfaatan Teknologi Digital Di Bidang Kesehatan
"Ketika pasien masuk langsung bisa dicatat secara digital dan nantinya pasien kalau hendak kontrol ulang lebih cepat dan lebih mudah mengakses datanya" ( sumber )
Pemanfaatan teknologi digital ini di lakukan oleh salah satu rumah sakit Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ( Sulse ), RS Ibu dan Anak (RSIA). Jika kalian sadar , ketika teknologi seperti ini belum ada di Indonesia, pasien yang datang ke rumah sakit akan di catat secara manual ( oleh manusia ), sehinggal membutuhkan waktu yang lumayan lama jika pasien dalam jumlah banyak. Dalam rangka mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi, tentu kita sebagai pengguna harus bisa memanfaatkan kemajuan teknologi digital untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di dunia.

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Usaha
Teknologi digital kini bisa juga di manfaatkan dalam meraup penghasilan. Teknologi digital seperti Komputer, jika kita mampu memafaatkannya, barang itu bisa membantu kita dalam menghasilkan penghasilan. Bagaimana caranya ? sudah pernah ke warnet bukan ? benda apa yang mereka gunakan untuk mendapatkan penghasilan ? komputer, ya dengan kedatangan komputer di dunia ini bisa di manfaatkan untuk mencari penghasilan.

Masih banyak pemanfaatan teknologi digital di dunia ini. Perkembangan teknologi digital memang sangat cepat, selalu menghasilkan teknologi baru yang bisa di manfaatkan masyarakat. Kita sebagai manusia yang sudah hidup di era teknologi harus pintar-pintar memanfaatkan teknologi digital untuk kebutuhan hidup, mencari penghasilan dll.

Seperti yang di lakukan teman saya bambang, dia mengerti bagaimana memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. Dia memanfaatkan ada nya internet di dunia ini. "Apa yang dia lakukan ?"
Dia menciptakan ide baru bagaimana membantu meningkatkan pendidikan indonesia, mungkin kalian sendiri sadar bahwa banyak sekali sekolah rusak yang ada di indonesia, jumlahnya sudah ratusan unit, dia memberikan ide tentang bagaimana memanfaatkan laptop yang bisa terhubung dengan internet. Menciptakan sebuah website khusus untuk sekolah rusak, dimana seluruh masyarakat Indonesia bisa mendonasikan uang untuk membantu sekolah yang rusak.

Itu sedikit cerita dari teman saya yang mengerti bagaimana memanfaatkan kemunculan teknologi digital ini. Semoga masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan hal ini dengan baik.
Ranking: 5

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Blogger yang baik, selalu meninggalkan komentar setelah membaca .
^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berlangganan via email :


.
 
© Agit Share | Blognya Si Agit | All Rights Reserved
D.I.Y Themes ByBelajar SEO