Konsep Pemrograman Berorientasi Objek

on 16 September 2012


Kali ini gw mulai merangkak ke bahasa pemrograman berorientasi objek, kalo dulu belum OOP sekarang udah OOP, dulu pake pasca, lanjut ke C sekarang naek level ke Java. Makin sulit ? pasti, baru baca pengantar di internet tentang java aja udah semaput
img
Tapi harus tetep di pelajari, soalnya ini menyangkut kelangsungan kuliah gw, kalo gw buta ama beginian, yang ada ga ada peningkatan .^^

Oke, yang pertama gw mau bahas, apa sih maksud dari OOP (Object Oriented Programming) / PBO (Pemrograman Berorientasi Objek) ??
adalah sebuah cara pandang( paradigma ) dalam memecahkan masalah di dunia nyata dianalogikan kedalam bentuk object dan struktur data yang didalamnya terdapat kumpulan item data disebut variable dan method/fungsi yang saling berinteraksi dalam sebuah struktur program
itu kata kakek wiki, tapi kalo bahasa ringannya gini OOP merupakan teknik membuat suatu program berdasarkan objek. Contoh, Meja, kursi, jam dinding  dan lainnya merupakan objek. Objek yang tadi gw sebutin itu pada umumnya ada dalam sebuah ruangan, ruangan apabila kita melihatnya dari sebuah rumah bisa juga di kategorikan sebuah objek dan rumah jika di lihat dari sudut pandang yang lebih luas lagi, rumah juga merupakan objek. Jadi  sebuah objek merupakan  suatu bentuk model yang tergantung dari cara pandang objek  yang di maksud.

Perumpamaannya gini :

  • Meja, Kursi, Jam dinding ada di dalam sebuah ruangan
  • Ruangan A, ruangan B, dan ruangan-ruangan lainnya berada dalam sebuah rumah
  • Rumah 1, rumah 1, rumah 3 dan rumah-rumah lainnya  berada dalam 1 tempat yang di sebut Bumi,dst.
Bisa juga di dalam suatu objek ada objek yang lebih kecil lagi,misal jam dinding, ada juga objek yang lebih kecil seperti batterai, gear dll.
Ruangan, Rumah dan Bumi merupakan sebuah class apabila kita melihatnya dalam pemrograman.
Setiap objek memiliki Atribut dan Method.
  • Atribut merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan karakteristik objek. Seperti Tipe, Model, Tipe, Kusen menggunakan kayu apa dll.
  • Method Merupakan fungsi atau segala sesuatu yang dapat di lakukan objek, misal method dari rumah adalah dapat melindungi dari panas, hujan, angin.
Segini dulu pembahasan tentang OOP, biar lebih jelasnya next article gw bahas prakteknya pemahamannya dalam bentuk pemrograman.

Semoga bermanfaat .^^
Ranking: 5

{ 0 komentar... read them below or add one }

Post a Comment

Blogger yang baik, selalu meninggalkan komentar setelah membaca .
^-^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Berlangganan via email :


.
 
© Agit Share | Blognya Si Agit | All Rights Reserved
D.I.Y Themes ByBelajar SEO